Senin, 08 Oktober 2012

Fakultas Pertanian


SEJARAH
Maksud pendirian Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo (UNG) adalah untuk turut memecahkan masalah di bidang produksi pertanian, terutama melalui kegiatan penelitian dan penyediaan tenaga ahli pertanian, sehingga akan memberikan bantuan yang nyata bagi masyarakat Gorontalo khususnya dan bangsa Indonesia umumnya. Dalam perkembangannya, Fakultas Pertanian mengemban tugas di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Gagasan pendirian Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian diawali sejak berdirinya Program Balai Pelatihan Agrokompleks STKIP Gorontalo Tahun 1994. Pendirian wadah tersebut merupakan bagian awal pengembangan institusional dari kehadiran sumber daya dosen yang memiliki latar belakang bidang pertanian, perikanan, peternakan dan teknik saat itu. Usaha mendirikan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian tersebut mendapat momentum dari pemerintah pusat melalui kebijakan Departemen Pendidikan Nasional yang memberikan perluasan mandat bagi Perguruan Tinggi Keguruan untuk mengelola program non kependidikan. Diawali dengan pembukaan Program Diploma Non Kependidikan STKIP Gorontalo yang didalamnya terdapat Program D-III Pertanian berdasarkan SK No. 280/DIKTI/KEP/2000 dengan tiga konsentrasi yaitu Budidaya Tanaman Pangan, Budidaya Perikanan dan Budidaya Ternak. Kemudian dalam perkembangan STKIP Gorontalo menjadi IKIP Negeri Gorontalo, Program D-III Pertanian menjadi salah satu jurusan di lingkungan Fakultas PMIPA dengan tiga Program Studi D-III yaitu Pertanian, Budidaya Perikanan dan Budidaya Ternak. Seiring dengan perkembangannya guna memenuhi kebutuhan akan tenaga terampil serta profesional di bidang perikanan, peternakan dan pertanian, pada tahun 2003/2004 maka berdasarkan SK DIKTI No. 2277/D/T/2003 dibuka lagi program studi baru yaitu Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan, Teknologi Hasil Perikanan dan Teknologi Makanan Ternak.
Usaha yang dirintis selama beberapa tahun tersebut akhirnya berhasil dengan dibukanya Fakultas Pertanian berdasarkan Surat Persetujuan Menteri Pendidikan Nasional No. 82/MPN/KL/2004 sesaat setelah perubahan IKIP Negeri Gorontalo menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan SK Presiden RI No. 54 Tahun 2004 tanggal 23 Juni 2004. Untuk menjalankan kegiatan akademik di Fakultas Pertanian berdasarkan SK Rektor Universitas Negeri Gorontalo No. 289/K15.A2/KP/2004 Tahun 2004 ditetapkan pelaksana tugas yaitu :
Pejabat Dekan : Ir. Alim Niode, M.Si
Sekretaris: : Ir. Asda Rauf, M.Si
Kemudian atas dasar pertimbangan keragaman bidang ilmu yang meliputi pertanian, perikanan dan peternakan di dalam Fakultas Pertanian, maka berdasarkan Surat Keputusan Rektor UNG No. 86/K.15.A1/PP/2005 dilakukan perubahan nama menjadi Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian. Periode kepemimpinan fakultas tahun 2005 sampai sekarang dijabat oleh seorang dekan dan dibantu oleh masing-masing pembantu dekan sebagai berikut :
1. Dra. Nikma Musa, M.Si (2005-2006)
Ir. Hasim, M.Si (Pembantu Dekan Bidang Akademik)
Ir. Yuniarti Koniyo, MP (Pembantu Dekan Bidang Keuangan dan Administrasi)
Ir. Alim Niode, M.Si. (Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan)
2. Ir. Zulzain Ilahude, MP (2006-2010)
Ir. Syukri I. Gubali, MP (Pembantu Dekan Bidang Akademik)
Femy Sahami, S.Pi, M.Si (Pembantu Dekan Bidang Keuangan dan Administrasi)
Ir. Fitria S. Bagu, M.Si. (Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan)
3. Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP (2010-sekarang)
Dr. Abdul Hafi dz Olii. S.Pi, M.Si (Pembantu Dekan Bidang Akademik)
Fauzan Zakaria, S.P, M.Si (Pembantu Dekan Bidang Keuangan dan Administrasi)
Ir. Fahria Datau, M.Si. (Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan)

Sejak awal pendiriannya, Fakultas Pertanian telah mempunyai Rencana Pembinaan dan Pengembangan dalam aspek fi sik dan nonfi sik. Pada aspek fi sik, pada awal berdirinya, Fakultas ilmu-ilmu Pertanian UNG menempati laboratorium Fakultas Teknik (sekarang gedung lama fak pertanian dan sekarang juga telah menjadi laboratorium fakultas ilmu-ilmu pertanian), sedangkan kegiatan perkuliahan dan praktikum terpencar di beberapa tempat dan instansi terkait. Akhirnya pada bulan September 2007 Fakultas ilmu-ilmu Pertanian pindah menempati gedung sendiri sampai sekarang.
Pada tahun 2006, Fakultas Pertanian mengembangkan kebun percobaan yang berlokasi di Desa Dulamayo, Kec. Tapa Kab.Bone Bolango, seluas 6,5 ha sebagai areal kegiatan penelitian dan pengembangan kegiatan-kegiatan pertanian. Pengembangan aspek fi sik juga mencakup peningkatan kuantitas dan kualitas sarana/ prasarana pendukung kegiatan akademik.
Saat ini, Fakultas Pertanian telah memiliki gedung dan ruang kuliah, laboratorium, internet fakultas), dan perpustakaan. Dalam waktu yang tidak lama lagi, diharapkan Fakultas Pertanian juga memiliki sebuah gedung aula serba guna berlantai tiga yang nantinya akan berintegrasi dengan stasiun radio penyuluhan pertanian.
Pengembangan aspek nonfisik di Fakultas Pertanian antara lain meliputi penyempurnaan kurikulum dan sistem pendidikan, serta pengembangan program pendidikan. Pada mulanya, kurikulum di Fakultas ilmu-ilmu Pertanian menganut sistem paket per semester. Penyempurnaan kurikulum disesuaikan dengan pendidikan di fakultas ilmnu-ilmu pertanian yakni Strata-0 (diploma 3).
Sejak tahun 2008/2009 Fakultas Pertanian menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metode pembelajaran yang bersifat Student Centered Learning (SCL). Sejalan dengan penyempurnaan kurikulum, sistem pendidikan di Fakultas Pertanian juga disesuaikan. Pada awalnya, pendidikan di Fakultas Pertanian ditempuh melalui Jurusan Pertanian. Namun sejak tahun 2004/2005, pendidikan tingkat diploma ditempuh melalui :
1. Jurusan Teknologi Pertanian
2. Jurusan Teknologi Peternakan
3. Jurusan Teknologi Perikanan
Berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi pengelolaan pendidikan Program diploma di Fakultas Pertanian didasarkan pada Program Studi (PS), yaitu :
1. PS Pertanian (SK Dirjen DIKTI No 280/Dikti/Kep/2000)
2. PS Teknologi Hasil Perkebunan (SK Dirjen DIKTI No 2277/D/T/2003)
3. PS Teknologi Produksi Ternak (SK Dirjen DIKTI No 3749/D/T/2006)
4. PS Teknologi Makanan Ternak (SK Dirjen DIKTI No 2277/D/T/2003)
5. PS Budidaya Perikanan (SK Dirjen DIKTI No 3749/D/T/2006)
6. PS Teknologi Hasil Perikanan (SK Dirjen DIKTI No 2277/D/T/2003)
Pada tahun 2007 terjadi perubahan PS yaitu :
1. PS Pertanian menjadi PS Agronomi
2. PS Teknologi Hasil Perkebunan menjadi PS Teknologi hasil pertanian
Seiring dengan perkembangan waktu maka Fakultas Ilmu-ilmu pertanian mendapatkan rekomendasi penyelenggaraan pendidikan program strata  dengan adanya program studi yang disetujui melalui SK Dirjen Dikti yaitu :
1. PS Agroteknologi
2. PS Agribisinis
3. PS Manajemen Sumberdaya Perairan
4. PS Budidaya Perairan
5. PS Teknologi Hasil Perairan
6. PS Peternakan

VISI, MISI, DAN TUJUAN
Visi
Fakultas riset dengan ciri civitas yang berkarakter, cerdas, dan terampil untuk mewujudkan Universitas peradaban
Misi
1). Menguatkan dan memberdayakan keunggulan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian melalui Riset.
2). Pencitraan fakultas melalui layanan prima, penggunaan teknologi informasi dan penataan lingkungan
3). Menciptakan kapasitas SDM yang berkarakter dan kreatif melalui soft skill
Tujuan
1). Peningkatan keunggulan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian melalui Riset
2). Pencitraan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian melalui peningkatkan mutu akademik dan non akademik
3). Peningkatan kapasitas SDM melalui pengembangan SDM yang terencana, relevan dan fl eksibel dengan kondisi eksternal dan internal.

TUJUAN PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI LULUSAN
1. Program Sarjana
Program Studi Agroteknologi
Tujuan
  1. Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Gorontalo dan sekitarnya untuk memperoleh pendidikan tinggi pertanian bidang Agroteknologi.
  2. Menciptakan sarjana pertanian dengan kompetensi di bidang ilmu tanah, agronomi, ilmu hama dan penyakit, serta ilmu danteknologi pangan yang produktif dan unggul dengan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi yang mumpuni.
  3. Melenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam suasana akademik yang kondusif dan dinamis dengan menjunjung kebebasan mimbar akademik.
  4. Melenggarakan kegiatan penelitian yang produktif, dan berkelanjutan, serta terpublikasi dalam masyarakat ilmiah.
  5. Melenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang produktif, dan relevan dengan permasalahan masyarakat.
  6. Mewujudkan Agroteknologi sebagai jurusan yang produktif dan unggul dengan basis riset yang kuat serta berjiwa enterpreneurship.
Kompetensi
  1. Mampu melaksanakan perencanaan dan pengembangan sumberdaya pertanian pada sub sistem hulu secara rasional, efektif, efi sien dan berkelanjutan.
  2. Mampu mengelola pertanaman dan media tumbuh tanaman yang produktif dan berkelanjutan.
  3. Mampu mengendalikan pertumbuhan dan produksi pertanian yang ramah lingkungan dan berbasis agroekologi yang sehat.
  4. Mampu mengembangkan keahlian bidang agroteknologi secara kreatif dan inovatif dengan basis riset yang mumpuni.
  5. Mampu berkerjasama secara produktif dalam tim yang interdisiplinan.
  6. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan basis agroteknologi yang ramah lingkungan.
  7. Mampu mengoperasikan berbagai alat bantu (tools) dan instrument dalam bidang agroteknologi dalam menunjang keputusan.
  8. Mampu menyusun dokumen perencanaan penggunaan sumberdaya pertanian yang baik dan benar serta aplikabel.

2. Program Studi agribisnis
Tujuan
  1. Berkarakter, kreatif dan profesional di bidang agribisnis serta ilmu-ilmu penunjangnya.
  2. Mampu menganalisis dan mengambil keputusan yang tepat.
  3. Dapat mengaplikasikan ilmunya untuk kepentingan masyarakat sekarang dan masa depan
Kompetensi
  1. Mampu memilih, mengoperasikan, mengendalikan dan mengembangkan unit agribisnis dan merumuskan kebijakan pengembangan agribisnis yang berkelanjutan.
  2. Mampu menyusun rencana strategik, rencana bisnis dan mengevaluasi program-program bisnis
  3. Mampu mengembangkan keahlian, keinovativan, kewirausahaan dan jejaring kemitraan agribisnis
  4. Mampu bekerjasama dalam tim yang multidisiplin

Struktur Organisasi
Dekan : Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MPPembantu Dekan Bidang Akademik : Dr. Abd Hafi dz Olii, S.Pi, M.Si
Pembantu Dekan Bidang Keuangan dan Adm. : Fauzan Zakaria, SP, M.Si
Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan : Ir. Fahria Datau, M.Si
PIMPINAN JURUSAN
Jurusan Agroteknologi : 
Ketua : Nurdin, SP M.Si
Sekretaris : Dr. Nurmi, SP, M.Si
Prodi Agroteknologi : Nurdin, SP M.Si
Prodi Teknologi Hasil Pertanian : Lisna Ahmad, S.TP, M.Si
Prodi Agronomi : Ir. Rida ISwati, M.Si
Jurusan Agribisnis : Ketua : Supriyo Imran, SP, M.Si
Sekretaris : Wawan Tolinggi, SP, M.Si
Prodi Agribisnis : Supriyo Imran, SP, M.Si
Jurusan Peternakan :Ketua : Abd Hamid Arsyad, S.Pt, M.Si
Sekretaris : Ir. Syamsul Bahri, M.Si
Prodi Peternakan : Sri Suryaningsih Djuuna, S.Pt, MP
Jurusan Perikanan Dan Kelautan : Ketua : Ir. Yuniarti Linda Koniyo, MP
Sekretaris : Lukman Mile, S.Pi, M.Si
Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan : Dr. Ir. Syamsudin
Prodi Budidaya Perairan : Muhlis, S.Pi, M.Si
Prodi Teknologi Hasil Perikanan : Silvana Naiu, S.Pi, M.Si
KEPALA LABORATORIUM DAN KEPALA PUSAT/KAJIANLaboratoriumLaboratorium Agroteknologi
Kepala : Fitri Yamin, SP, MM
Laboratorium kultur Jaringan
Kepala : Indriati Husain, SP, M.Si
Laboratorium Agribisnis
Kepala : Ria Indriani, SP, M.Si
Laboratorium Peternakan
Kepala : Ir. Ellen Saleh, MP
Laboratorium Perikanan dan Kelautan
Kepala : Siti Nursinar, S.Pi, M.Si
Pusat Studi/KajianPusat studi pertanian tropis (PSPT)
Ketua : Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP
Sekretaris : Supriyo Imran, SP, M.Si
Pusat Kajian Perikanan Teluk dan Laut Dalam (PKPTLD)
Ketua : Dr. Abd. Hafi dz Olii, S.Pi, M.Si
Sekretaris : Muhlis, S.Pi, M.Si
Pusat kajian peternakan dan kesehatan hewan (PKPKH)
Ketua : Dr. Muhamad Mukhtar, S.Pt, M.Agr
Sekretaris : Siswatiana R. Taha, S.Pt, M.Si
Pusat Kajian Agribisnis dan lingkungan ternak
Ketua : La Ode Sahara, S.Pt, M.Si
Sekretaris : Sri Yeni Pateda, S.Pt, M.Si
Pusat studi sosial ekonomi dan kebijakan pertanian (PSSEKP)
Ketua : Wawan Tolinggi, SP, M.Si
Sekretaris : Amelia Multisari, M.Sc
Pusat studi Perencanaan dan pengembangan system pertanian Hulu
(PusrenbangSIMPUL)
Ketua : Ir.Hi Zulzain Ilahude, MP
Sekretaris : Wawan Pembengo, SP
Pusat studi Teknologi Hasil Pertanian (PSTHP)
Ketua : Yoyanda Bait, S.Tp, M.Si
Sekretaris : Rahmiati Kasim, SP, M.Si
Kepala Bagian Tata UsahaUmar U. Almahdali, S.Pd, M.Pd
Kepala Sub Bagian Akademik
Sri Merajiwaty Doenggio, SE
Kepala sub Bagian Kemahasiswaan
La Ode Muhamad Yusuf, S.Pd, M.Pd
Kasubag Perlengkapan
Albert H. Mohamad, S.Sos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar